Get your FREE
sample now!
period problem

7 Penyebab Umum Kenapa Haid Tidak Lancar

Author 1 Last Updated 07/30/2024 2min

7 penyebab umum haid tidak lancar

 

Pernah atau sedang mengalami kondisi dimana haid tidak lancar? Ternyata, kondisi tersebut bisa terjadi karena banyak faktor. Berikut sudah kami rangkum beberapa tanda haid nggak normal yang wajib kamu ketahui.             

1.  Kehamilan

Penyebab haid tidak lancar pertama biasanya merupakan tanda awal dari kehamilan. Ketika seorang wanita hamil, tubuhnya mengalami perubahan hormonal yang signifikan. Selama masa kehamilan, hormon-hormon seperti estrogen dan progesteron meningkat secara drastis untuk mendukung perkembangan janin.

Hal ini dapat memengaruhi siklus menstruasi dan menyebabkan haid menjadi tidak teratur atau bahkan menghentikan menstruasi sama sekali selama periode kehamilan.

2.     Pola Hidup Tidak Sehat

Pola hidup yang tidak sehat, seperti konsumsi makanan tidak seimbang, kurangnya olahraga, tidur tidak cukup, dan stres, dapat memengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh. Gangguan pada keseimbangan hormon ini dapat menyebabkan haid tidak lancar.

Misalnya, kelebihan berat badan atau obesitas seringkali terkait dengan resistensi insulin dan peningkatan kadar hormon estrogenyang dapat mengganggu siklus menstruasi.

3.     Menopause

Menopause adalah fase alami dalam kehidupan seorang wanita yang ditandai dengan berhentinya menstruasi secara permanen. Saat mendekati dan memasuki menopause, produksi hormon reproduksi seperti estrogen dan progesteron mulai menurun secara bertahap.

Perubahan hormon ini dapat menyebabkan fluktuasi dalam siklus menstruasi, yang akhirnya dapat menyebabkan haid tidak lancar. Wanita yang mengalami menopause juga dapat mengalami gejala lain seperti hot flashes, gangguan tidur, dan perubahan mood.

4.     Masalah Pada Tiroid

Tiroid adalah kelenjar endokrin yang mengatur metabolisme tubuh dengan menghasilkan hormon tiroid. Gangguan pada kelenjar tiroid, seperti hipotiroidisme (produksi hormon tiroid yang rendah) atau hipertiroidisme (produksi hormon tiroid yang berlebihan), dapat menyebabkan gangguan pada siklus menstruasi. Hipotiroidisme, misalnya, dapat mengakibatkan siklus menstruasi yang tidak teratur atau bahkan amenore (tidak ada menstruasi).

Selain itu, gangguan pada tiroid juga dapat menyebabkan gejala lain seperti peningkatan atau penurunan berat badan, kelelahan, dan perubahan suasana hati. Jika kamu mencurigai bahwa haid tidak lancar disebabkan oleh masalah tiroid, penting untuk berkonsultasi dengan dokter agar mendapat diagnosis dan perawatan yang tepat.

5.     Kondisi Stres

Stres dapat memiliki dampak yang signifikan pada keseimbangan hormonal dalam tubuh. Ketika kamu mengalami stres kronis atau tingkat stres yang tinggi secara terus-menerus, sistem hormonalnya dapat terpengaruh. Hormon stres seperti kortisol dapat mengganggu produksi hormon-hormon reproduksi seperti estrogen dan progesteron yang dapat menyebabkan haid tidak lancar.

Selain itu, stres juga dapat memengaruhi pola makan dan tidur seseorangsehingga menganggu siklus menstruasi. Wanita yang mengalami stres berkepanjangan juga mungkin mengalami gejala fisik lainnya seperti nyeri perut atau nyeri haid yang lebih parah.

6.     Pemakaian Alat Kontrasepsi

Beberapa jenis alat kontrasepsi, seperti pil kontrasepsi hormonal, spiral, atau suntikan dapat memengaruhi siklus menstruasi. Misalnya, pil kontrasepsi hormonal bekerja dengan mengubah tingkat hormon dalam tubuh, yang dapat menyebabkan haid menjadi lebih teratur atau bahkan menghilang sama sekali.

Meskipun efek samping ini biasanya bersifat sementara dan akan membaik seiring waktu, penting untuk memahami perubahan pada siklus menstruasi dapat terjadi selama menggunakan alat kontrasepsi hormonal.

7.     Ketidakseimbangan Hormon

Ketidakseimbangan hormon adalah salah satu penyebab utama dari haid tidak lancar. Hormon-hormon seperti estrogen, progesteron, dan testosteron berperan penting dalam mengatur siklus menstruasi.

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon meliputi pola makan yang tidak sehat, stres, gangguan pada kelenjar endokrin seperti tiroid, dan kondisi medis tertentu seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS).

Itulah beberapa penyebab yang memicu haid tidak lancar. Ketika kamu sedang haid, gunakan pembalut nyaman dan aman pakai Softex. Tersedia banyak varian dan ukuran buat temani kamu Hilangin Halangan!

 

 

Sumber :
https://www.alodokter.com/ternyata-ini-penyebab-menstruasi-tidak-lancar

https://www.halodoc.com/artikel/waspada-ini-11-penyebab-datang-bulan-tidak-teratur

Author 1 Last Updated 07/30/2024 2min

Product Recommendation

Explore the wide variety of Softex products

Softex Comfort Night 36cm 12 pads

Softex Comfort Night, pembalut yang permukaannya selembut kapas dan sudah teruji dermatologi dengan 4.500 lubang penyerap, langsung kering dalam 1 detik untuk #NyamanBintangLima agar nyenyak semalaman.
Ukuran 36 cm.
Isi 12 wing pads.

Softex Natural Cool+ 29 cm 10 pads

Softex Natural Cool+, pembalut ekstra tipis dengan ekstrak daun mint dan daun sirih, memberikan sensasi yang #DinginnyaAlami, efektif untuk cegah lembab dan bau. Softex Natural Cool+ sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 29 cm.
- Isi 10 wing pads.

Softex Daun Sirih Wing 23cm 20 pads

Pembalut dengan ekstrak alami daun sirih, mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi bau. Softex Daun Sirih sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan juga bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 23 cm.
- Isi 20 wing pads.
- Cocok untuk regular flow.

Softex Celana Menstruasi Daun Sirih All Size 2 pads

Inovasi TERBARU dan PERTAMA di Indonesia! Softex Celana Menstruasi memberikan perlindungan 360' untuk wanita yang sedang deras-derasnya di hari pertama menstruasi. Membuat tidur lebih nyaman, berolahraga dan Traveling tanpa harus khawatir tembus. No more zombie, Hello sleeping beauty!
- Mengandung Ekstrak Daun Sirih
- Isi 2 pcs.
- Ukuran celana no. 26 - 30

Buy Now is currently disabled. To enable Click here and set the Marketing Cookie Category to Active.