Get your FREE
sample now!
period problem

7 Tanda Tanda Haid yang Umum Terjadi pada Setiap Wanita

Author 1 Last Updated 07/30/2024 2min

 

7 tanda haid yang umum terjadi pada wanita

Munculnya menstruasi, atau haid biasanya ditandai dengan beberapa perubahan yang bisa Anda rasakan. Nah, berikut ini kami sudah merangkum 7 tanda tanda haidyang umum muncul pada setiap wanita agar bisa mengenali tanda PMS.

1.        Payudara Terasa Kencang dan Nyeri

Tanda tanda haid akan datangyang umum terjadi pada setiap wanita adalah payudara seringkali kencang dan nyerijelang menstruasi.

Ketika hormon progesteron meningkat dalam tubuh, payudara bisa terasa lebih kencang dan sensitif. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon yang mengarah pada pembengkakan dan peningkatan aliran darah ke payudara. Sensasi nyeri atau ketidaknyamanan juga dapat terjadi akibat perubahan hormon yang sama.

2.        Kram Perut

Salah satu tanda tanda haidyang paling umum adalah kram perut atau dismenore. Ini adalah sensasi nyeri atau kram yang terjadi di bagian bawah perut, biasanya di sekitar daerah pinggul atau panggul. Kram perut disebabkan oleh kontraksi otot rahim yang mengeluarkan lapisan rahim dimana tidak dibutuhkan selama siklus menstruasi.

Intensitas kram perut dapat bervariasi dari ringan hingga parah, dan dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari wanita. Beberapa faktor seperti tingkat hormon, keturunan, dan kondisi kesehatan tertentu dapat memengaruhi seberapa parah kram tersebut.

3.        Sakit Kepala

Sakit kepala adalah gejala lain yang sering terjadi menjelang atau selama menstruasi. Penyebab sakit kepala saat menstruasi tidak sepenuhnya dipahami, tetapi diyakini terkait dengan fluktuasi hormon, terutama penurunan kadar estrogen sebelum menstruasi.

Beberapa wanita mungkin mengalami sakit kepala ringan, sementara yang lain mungkin mengalami migrain parah yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

4.        Mood Swing

Perubahan suasana hati atau mood swing adalah gejala emosional yang umum terjadi sebelum atau selama menstruasi. Fluktuasi hormon yang terjadi selama siklus menstruasi dapat memengaruhi neurotransmitter di otak, seperti hormon serotonin, yang bertanggung jawab atas suasana hati dan emosi.

Akibatnya, beberapa wanita mungkin mengalami perubahan tiba-tiba dalam suasana hati, mulai dari perasaan sedih atau sensitif hingga perasaan marah atau mudah tersinggung.

5.        Munculnya Jerawat

Saat menstruasi mendekati atau pada awal siklus, banyak wanita mengalami peningkatan jerawat. Ini disebabkan oleh fluktuasi hormon yang memengaruhi produksi minyak di kulit.

Meskipun jerawat sebagian besar muncul di wajah, tetapi juga dapat muncul di area lain seperti dada, punggung, atau bahu. Selain perubahan hormon, faktor lain seperti stres, pola makan yang tidak sehat, dan keturunan juga dapat mempengaruhi munculnya jerawat saat menstruasi.

6.        Perut Kembung

Perut kembung atau rasa tidak nyaman di perut juga merupakan gejala umum yang dialami oleh banyak wanita menjelang atau selama menstruasi. Perubahan hormon, seperti peningkatan kadar progesteron, dapat mempengaruhi pencernaan dan menyebabkan penumpukan gas dalam usus.

Untuk mengurangi perut kembung, ada beberapa langkah yang dapat diambil, seperti menghindari makanan yang dapat menyebabkan gas seperti kacang-kacangan, brokoli, atau minuman berkarbonasi.

7.        Diare Atau Sembelit

Diare atau sembelit adalah masalah pencernaan lain yang dapat terjadi sehubungan dengan menstruasi. Beberapa wanita mungkin mengalami salah satu dari kedua masalah ini, atau bahkan keduanya, sebagai bagian dari gejala premenstrual syndrome (PMS).

Perubahan hormon selama siklus menstruasi dapat mempengaruhi kontraksi otot usus, sehingga menyebabkan perubahan dalam pola buang air besar.

Itulah beberapa tanda tanda haidyang umum terjadi pada setiap wanita. Jika haid tiba, gunakan pembalut ekstra nyaman dan punya banyak pilihan, yaitu Softex. Tersedia banyak varian dan ukuran buat temani kamu Hilangin Halangan!

 

Sumber:

https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/tanda-tanda-haid-akan-datang

https://www.halodoc.com/artikel/9-tanda-mau-haid-yang-perlu-diperhatikan-bukan-cuma-kram-perut

Author 1 Last Updated 07/30/2024 2min

Product Recommendation

Explore the wide variety of Softex products

Softex Comfort Night 36cm 12 pads

Softex Comfort Night, pembalut yang permukaannya selembut kapas dan sudah teruji dermatologi dengan 4.500 lubang penyerap, langsung kering dalam 1 detik untuk #NyamanBintangLima agar nyenyak semalaman.
Ukuran 36 cm.
Isi 12 wing pads.

Softex Natural Cool+ 29 cm 10 pads

Softex Natural Cool+, pembalut ekstra tipis dengan ekstrak daun mint dan daun sirih, memberikan sensasi yang #DinginnyaAlami, efektif untuk cegah lembab dan bau. Softex Natural Cool+ sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 29 cm.
- Isi 10 wing pads.

Softex Daun Sirih Wing 23cm 20 pads

Pembalut dengan ekstrak alami daun sirih, mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi bau. Softex Daun Sirih sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan juga bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 23 cm.
- Isi 20 wing pads.
- Cocok untuk regular flow.

Softex Celana Menstruasi Daun Sirih All Size 2 pads

Inovasi TERBARU dan PERTAMA di Indonesia! Softex Celana Menstruasi memberikan perlindungan 360' untuk wanita yang sedang deras-derasnya di hari pertama menstruasi. Membuat tidur lebih nyaman, berolahraga dan Traveling tanpa harus khawatir tembus. No more zombie, Hello sleeping beauty!
- Mengandung Ekstrak Daun Sirih
- Isi 2 pcs.
- Ukuran celana no. 26 - 30

Buy Now is currently disabled. To enable Click here and set the Marketing Cookie Category to Active.